Kamis, 23 April 2009

Road to SMA Negeri 1 Jeruklegi

Masa SMU adalah masa yang sangat indah,oleh karena itu sangatlah susah untuk kita lupakan. Banyak hal yang dapat kita pelajari dan kita petik dari hari ke hari dari detik menuju menit dari menit menuju jam. Banyak hal yang kita lihat dan kita rasakan, baik itu susah maupun senang. Saya sebagai alumnus SMA, khususnya alumnus SMA N 1 Jeruklegi pada khususnya sangat merasakan hal tersebut. Masa remaja yang sangat indah yang tentukan sangatlah susah untuk kita lupakan, oleh karenanya mari kita simpan dengan rapat semua kenangan kita yang dapat kita ceritakan untuk anak dan cucu kita kelak.
Saya pertama menempuh pendidikan pertama di TK Tunas Harapan yang terletak di Jl Beo Timur. Di Tk inilah saya menempuh pendidikan paling mendasar selama 1 tahun, dan kemudian saya menempuh jenjang Pendidikan Dasar di SD N 14 Tambakreja yang sekarang berganti nama menjadi SD N 4 Tegalreja yaitu di Jalan Perkutu Timur no 5. Pada tingkat SD prestasi boleh dikatakan lumayan lah, peringkat 3 besar selalu dapat. Pendidikan SD saya tempuh 6 tahun lalu lulus dengan NEM yang lumayan minim yaitu 38,12. Dengan NEM sebegitu minimnya kemudian saya melanjutkan di SMP N 6 Cilacap yang terletak di Jl.Rinjani Cilacap. Mulai SMP ini lah proses pendewasaan sangat saya rasakan, mulai dari kenakalan remaja sampai mengenal yang namanya cinta. Tetapi itu hanyalah sebuah proses, ya dapat dijadikan sebagai pengalaman hidup. Pertama di SMP N 6 Cilacap saya masuk di kelas 1 A dengan wali kelas Ibu Sukirah dan lanjut ke kelas 2B dengan Wali kelas Ibu Nur Hayati. Kemudian di kelas 3 saya masuk kelas 3E wali kelasnya lupa saya...hehehhehhe. Dalam waktu 3 tahun ditentukan kelulusan dengan waktu 3 hari, dan akhirnya saya lulus dengan NEM 37,56. Seperti biasa lulus dengan NEM yang standar banget.
Dengan modal 37,56 inilah saya mendaftarkan diri menuju SMA N 2 Cilacap. Namun apa daya menuju babak akhir nilai saya kalah saing dengan yang lain. Dengan menahan nafas saya pun mengambil formulir yang saya masukan, saya cabut dan akhirnya saya hijrah menuju SMA N 1 Jeruklegi. Dan di SMA N 1 Jeruklegi ini lah saya berlabuh, dari seorang anak kecil yang sedang mencari jati diri untuk menjadi seorang yang berfikiran dewasa. Saya masuk SMA N 1 Jeruklegi angkatan 2001 dan saya masuk ke kelas 1E. Di kelas inilah saya menemukan seorang sahabat yang sampai sekarang melekat di hati diantaranya Hendi dan Aji. Wali kelas sudah lupa tetapi wali kelas mengajar pelajaran Kimia.
Kemudian kami naik kelas 2, dan masih tetap dengan formasi semula masih orang-orang yang sama pula dengan Wali Kelas Bpk.Hendro. Nah di kelas 2 ini lah mulai tumbuh proses pendewasaan diri saya secara pribadi baik meningkatnya kenalakan saya atau sudah mulai mengenalnya apa yang namanya itu cinta. Tetapi itu semua bukan hal yang tabu dan akan saya simpan rapat-rapat dan akan tetap saya pendam untuk menjadi sebuah kenangan yang indah sampe akhir hayatku. Dan dari kelas 2 dengan tekad yang sudah sangat bulat untuk bisa masuk ke kelas IPA, akhirnya saya pun menuju ke kelas IPA tetapi masuk di Kelas IPA 2. Meskipun masuk IPA 2 bagi saya tidak masalah, di kelas IPA 2 tambah deh teman baru kelas baru dan juga "sahabat karib" baru tentunya. Di IPA 2 tambah sohib yaitu Awan Ginanjar, di kelas 3 IPA 2 ini lah kemanapun acara apapun selalu bersama-sama. Pada kelas 3 ini lah banyak hal yang sangat susah untuk dilupakan.
Tetapi tetap ada yang kurang saja karena apa?saat balik sekolah mereka bertiga berpasangan dan hanya saya saja yang dengan gagah tetap sendirian, tetapi ga masalah meskipun saya hanya menjadi obat pengusir nyamuk....hehehhehehehe. Banyak hal yang saya rasakan di kelas 3, banyak pro dan kontra yang saya lihat di SMA N 1 Jeruklegi baik soal peraturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Mungkin sudah banyak yang mendengar hal tentang mutasi para guru yang terjadi di SMA N 1 Jeruklegi, bagi kami itu sangat merugikan. Karena apa? karena guru yang di mutasikan adalah guru yang merupakan ketua GPBP yaitu ketua kurikulum. Namun bagaimanapun kita sebagai seorang siswa harus tetap berpegang dengan tujuan utama kita yaitu belajar dan lulus dengan nilai yang bagus.
Meskipun SMA N 1 Jeruklegi letak geografisnya jauh dari perkotaan bukan menjadi kendala buat kami untuk menuntut ilmu. Karena ilmu adalah aset mati yang tidak akan menjadikan kita merugi. Pada tahun 2004 adalah hari yang sangat menentukan yaitu dilaksankannya UAN sebagai penentu ilmu selama 3 tahun yang ditentukan hanya dalam waktu 3 hari yang dikerjakan hanya dalam waktu 2 jam. Satu bulan saya menunggu datangnya keputusan itu, dan akhirnya dengan amplop di tangan Bpk.Slamet Khaelani di bukalah dan apa yang saya dapatkan. Tecoret sebuah tulisan dengan nada "Selamat anda telah lulus menempuh ujian".....betapa bahagianya saya pribadi mendapatkan berita bahwa saya telah lulus. Setalah lulus itu lah saya dan sahabat-sahabat saya mulai berpisah, ada yang menikah, kuliah, menjadi TNI, dan ada yang tidak ada kabar sama sekali.....Teman saya rindu kalian!!!!!!!!!
Saya secara pribadi sangat bangga telah menempuh jenjang pendidikan di SMA N 1 Jeruklegi karena apa? Dari data yang saya amati setiap tahunnya sangat meningkat, baik dari jumlah siswa dan juga dari sarana serta prasana yang semakin modern. Masa SMA adalah masa yang paling indah diantara hal yang "terindah", itu memang benar karena sampai sekarang pun masih melekat begitu dekat di pikiran saya semua yang sala alami di SMA. Dan mungkin tidak ada hal yang terlewatkan sedikitpun yang hilang dari ingatan saya. SMA N 1 Jeruklegi atau yang populer dengan nama SMA N 1 "Sweet Orange" saya sangat berterima kasih sekali karena apa? karena saya bisa menjadi seperti sekarang ini karena banyak hal yang saya dapatkan di SMA N 1 Jeruklegi. Banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi untuk hidup dan tetap terus untuk bertahan hidup. Dan sampai sekarang pun inspirasi itu tetap menjadi acuan saya untuk bertahan sampi saat sekarang ini. Huh...kangen dengan masa SMA!!!!!
Kangen guru-gurunya : Pak Oyon, Pak Sardiman, Pak Suprapto, Pak Bibit, Pak Hendro, Pak Unggul, Pak Mono, Pak Tri, Ibu Palupi, Ibu Fatma, Ibu Unso ^^.....dan semua yang belum saya sebutkan, saya kangen masa-masa diajar oleh beliau semuanya. Banyak juga teman-teman yang saya rindukan pula. Hendi yang kini di Tangerang, Awan Ginanjar yang kini ada di UII Yogyakarta, Aji Santoso yang kini menjadi anggota POLRI. Kapan kita bisa berkumpul seperti dulu lagi? Aku yakin kalian semua juga merindukan saya, ciyeee PD banget!
Untuk para penghuni SMA N 1 Jeruklegi saat sekarang ini tepatnya adik kelas saya. Kalian semua jangan kuatir, tidak usah minder hanya karena sekolah di SMA N 1 Jeruklegi yang jauh di desa. Karena ada sesuatu yang lebih diantara yang kurang, coba lihat perkembangan SMA N 1 Jeruklegi pada saat sekarang ini. Dari data yang saya lihat di http://ban-sm.or.id/provinsi/jawa-tengah/akreditasi/view/33327 dari web tersebut saya mengetahui bahwa SMA N 1 Jeruklegi yang terletak pada Jl.Raya Jeruklegi Wetan Cilacap Propinsi Jawa Tengah dengan NS : 301030091061 pada tanggal 13 Oktober tahun 2006 telah ditetapkannya SMA N 1 Jeruklegi dengan akreditas "A" dengan nilai akreditas 88. Dari nilai yang saya lihat sungguh sangat mengejutkan bagi saya sendiri, karena dari nilai "88" tidak jauh beda dengan SMA favorit lainya. Hal ini menunjukan bahwa SMA N 1 Jeruklegi tidak kalah saing dengan SMA lain, dan mungkin dapat dikatakan dapat dikatakan unggul dengan SMA lainnya. Saya sangat bangga melihat kondisi SMA N 1 Jeruklegi saat sekarang ini, jadi terharu melihat dan mendengarnya.
Besar harapan saya dengan blog ini saya buat, ada diantara para pembaca yang lulus dari SMA N 1 Jeruklegi. Dan bisa terjalin silaturahmi, dan bukan hal yang sangat mustahil diadakannya "Reuni Akbar". Reuni mulai dari angkatan pertama sampai angkatan lulusan terakhir, bagi para pembaca yang merupakan alumnus SMA N 1 Jeruklegi apabila ada kabar berita baik itu yang menyangkut SMA N 1 Jeruklegi atau tentang teman-teman semuanya bisa anda tinggalan secoret ketikan di kotak shoutmix. Atau dapat kirim email di om_mbambeng@yahoo.com, atau bisa add Friendster saya di luthung_gokil@yahoo.com , atau facebook mungkin yang mempunyai account facebook di om_mbambeng@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar